English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : monapisa

Monday, April 18, 2011

Kriteria PC dan Komputer yang baik


Kriteria pc dan komputer yang baik :

1. Sesuai dengan tuntutan pekerjaan

1a. Netter
PC Desktop yang dibutuhkan untuk orang yang menggunakan komputer sebagai media berselancar di internet adalah memiliki spesifikasi yang rendah dengan media koneksi yang baik. biasanya prosesor yang digunakan adalah intel pentium II atau III atau yang setara dengan media koneksi yang terhubung dengan PCI yang ada pada mainboard.
1b. officer
Untuk pekerjaan kantor pada penggunaan ms Word dan sejenisnya dibutuhkan komputer dengan prosesor intel pentium III atau intel pentium IV atau yang setara. Memory yang memadai untuk pekerjaan ini adalah sebesar 512MB.
1c. programmer
Seorang programer membutuhkan komputer dengan komputasi yang baik. Sehingga diperlukan komputer dengan prosesor minimum intel Core2Duo 2Ghz atau yang setara. Memory minimum yang dibutuhkan adalah memory dual chanel 2 x 1GB.
1d. Gammer n Designer
Seorang gammer dan designer membutuhkan komputer dengan prosesor minimum intel core2duo 2Ghz atau setara. memory minimum adalah memory dual chanel 2 x 1GB. Perlu diperhatikan VGA yang dibutuhkan seorang Designer adalah VGA pixel proses baik yang biasa di susung oleh chipset ATI Radeon. Sedangkan untuk game membutuhkan VGA yang memiliki frame per second yang tinggi yang biasa disusung oleh chipset NVidia.
Laptop model ini sangat dibutuhkan oleh para pengusaha atau orang yang memulai bisnis bidang desain begitu pula dengan studio foto rumahan dan studio fotografi mini. Komputer dengan spesifikasi tinggi sangat dibutuhkan oleh kalangan ini, akan sangat merepotkan pada saat proses kreatif desain sedang berlangsung namun komputer atau latptop tidak mendukung.
1e. Multimedia
Untuk keperluan multimedia, dibutuhkan prosesor kelas medium seperti intel core duo 1,8Ghz atau yang setara. Memory minimum yang disarankan adalah 1GB. dengan VGA yang memiliki chipset ATI. ukuran monitor/LCD yang besar, minim 17Inchi wide. Lebih disarankan menggunakan LCD daripada monitor. Tidak lupa dilengkapi dengan fasilitas speaker yang baik misal speaker yang memiliki subwoofer.

2. Tidak Cepat Panas

Suhu akan mempengaruhi kinerja komputer. Sehingga perlu diperhatikan dari kinerja kipas dari komputer. Bila diperlukan gunakan water cooling sebagai solusi meminimalisasi panas. Untuk pengggunaan water cooling perlu diperhatikan untuk penggantian selang secara berkala untuk menjaga kondisi selang tidak bocor.

3. Garansi Baik

Perlu diperhatikan untuk garansi, terdapat 2 jenis garansi umum yang ada. Pertama adalah garansi replace, biasanya 3 bulan dari pembelian, yaitu garansi yang memberikan pelayanan penukaran/penggantian part/notebook secara keseluruhan tanpa biasa tambahan dengan syarat kondisi dan ketentuan yang berlaku. Kedua adalah garansi service, biasanya 1Th atau lebih, yaitu garansi yang memberikan pelayanan perbaikan pada notebook secara gratis, namun bila terjadi penggantian part maka akan menjadi tanggunggan konsumen.

4. Fasilitas tambahan

Ada beberapa fasilitas tambahan yang dibawa oleh PC Desktop. yang sering diberikan adalah CPU Heat detector, deteksi panas CPU dan CPU fan control, yaitu control yang mengatur kecepatan kipas CPU tergantung dari suhu CPU pada saat itu.

Kriteria laptop dan notebook yang baik :

1. Sesuai dengan tuntutan pekerjaan

1a. Netter
Seorang netter atau orang yang menggunakan notebook untuk berselancar di internet. Cukup memiliki notebook dengan spesifikasi rendah. biasanya produsen sudah memberikan paket notebook khusus netter dengan nama NetBook. biasanya netbook ini memiliki spesifikasi penggunaan prosesor Intel Atom atau prosesor lain yang setara. Yang dimana pada netbook lebih menekankan pada koneksifitas dan mobile. koneksifitas yang dimaksud adalah sudah terintegrasinya WiFi pada jenis ini. mobile yang dimaksud adalah hanya memiliki ukuran berkisar pada 8-10 inchi. untuk ukuran memory biasanya pada netbook sudah terintegrasi secara onboard sebesar 1GB.
Untuk VGA pada netbook biasanya sudah terintegrasi VGA onboard standart yang biasanya memiliki kapasitas standart sesuai dengan sistem operasi yang dibawanya. Perlu diperhatikan pada penggunaan media penyimpanan. Bila menggunakan Harddisk berjenis SATA maka kekuatan aktif tanpa kabel power berkisar pada 3-4 jam. namun bila menggunakan media penyimpanan SSD(coba kmu cari ini salah apa bener namanya) card maka kekuatan aktif tanpa kabel power menjadi meningkat berkisar pada 6jam.
1b. officer
seorang officer atau orang yang menggunakan notebook sebagai alat untuk mengerjakan perkerjaan kantor Ms Word atau Excel hanya membutuhkan notebook dengan spesifikasi rendah namun memiliki ukuran layar yang cukup besar, misal 14 inchi. adapun spefikasi prosesor yang dibutuhkan berkisaran pada Intel Celeron M atau Intel Pentium M atau prosesor dengan kemampuan yang setara. untuk ukuran memory yang digunakan biasanya berkisar pada 256MB – 512MB. untuk VGA sendiri biasanya berupa VGA onboard standart dengan kapasitas 64MB-128MB.
1c. programmer
seorang programer membutuhkan notebook dengan kinerja tinggi. adapun kisaran prosesor yang digunakan adalah intel core2duo 2Ghz atau yang setara. memory juga menjadi hal yang penting, sehingga minimum memory yang diperlukan adalah 2GB. dan sangat diharapkan memory bekerja secara dual chanel (2 x 1GB). untuk VGA bukan menjadi hal yang penting pada pekerjaan ini sehingga dapat dipilih notebook dengan VGA onboard standart dengan kapasitas 128MB – 256MB.
1d. Gammer n Designer
seorang gammer dan designer membutuhkan notebook dengan kinerja tinggi dan grafis yang baik. sehingga kisaran prosesor yang digunakan adalah intel core2duo 2Ghz atau yang setara. memory pun sebaiknya menggunakan memory sebesar 2Gb yang bekerja secara dual chanel (2 x 1GB). untuk VGA diharapkan mencari VGA onboard yang memiliki Chipset nVidia atau ATIRadeon dengan memory terintegrasi sehingga tidak mengganggu kinerja prosesor dan memory utama. sebenarnya untuk pekerjaan ini akan lebih maksimal bisa dilakukan pada PC Desktop

1 comment:

  1. nice info...bro. so pc tuk keperluan office gak perlu mahal..mahal

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...