English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : monapisa

Monday, October 11, 2010

Design Model Gelang Dengan Irit Bahan

Kenapa harus alat?

Kapan anda cukup beruntung bisa dapat model gelang dengan keterangan bagus sekali, anda tidak perlu alat apa pun! Tapi kadang-kadang itu bukan begitu gampang:
  • Jika anda cuma bisa lihat gambar gelang, dan tidak bisa lihat bagaimana mulai.
  • Jika anda mau mendesain model sendiri.
  • Jika anda mau penghematan tali, dan suka tahu ukuran tali yang diperlukan.
  • Jika and mau coba warna yang lain.
Sebelumnya saya menggambar di atas selembar kertas pakai pensil berwarna. Tapi harus kerja lama, dan tidak begitu bagus.
Nanti pakai komputer, saya coba beberapa software untuk menggambar. Lagi tidak cocok, dan saya kehilangan waktu untuk membariskan simpul, dsb...
Akhirnya saya pikir lebih cocok bikin software sendiri: cuma bilang berapa tali dan warnanya, dan bilang tipe simpul harus bikin, dan alat akan terus menggambar gelang.
Saya cuma memakai XML editor saya kenal, dan mendesain plugin spesial untuk gelang. Dan itu alat baru yang anda bisa download.


Instalasi........


Yang diperlukan:

  • Sun atau Apple Java[tm] runtime 1.4.1 atau lebih.
  • RAM minimal 256Mb dan CPU minimal 600MHz.
  • Space disk sebesar 100Mb.
  • Boleh instalasi untuk Windows NT/2000/XP atau Linux.

Instalasi Windows

  1. Anda harus memastikan bahwa versi Java[tm] runtime yang terinstall di komputer anda ini cukup:Untuk memastikan ini, bukalah sebuah jendela command prompt dan mengetikkan "java -version" pada sistem prompt. Harus dilihat sesuatu mirip yang terikut:
    C:\> java -version
    java version "1.5.0_04"
    Java(TM) 2 Runtime Environment, Standard Edition 
    (build 1.5.0_04-b05)
    Java HotSpot(TM) Client VM 
    (build 1.5.0_04-b05, mixed mode, sharing)
  2. Download xxe-std-3_1_0.zip file ke dalam folder dipilihan anda, dan mulai proses ekstrak file dengan alat WinZip, 7-Zip atau Info-Zip [1]:
    C:\> unzip xxe-std-3_1_0.zip
    C:\> dir xxe-std-3_1_0
    ...  addon
    ...  bin
    ...  demo
    ...  doc
  3. XXE software akan terinstall di dalam folder xxe-std-3_1_0/ dan anda bisa menjalankan XXE program terus dari folder itu, dengan klik dua kali atas file.
    C:\XMLmind> xxe-std-3_1_0\bin\xxe.bat

Instalasi Linux

  1. Anda harus memastikan bahwa Java[tm] bin/ folder berada di dalam $PATH anda, sambil memastikan juga bahwa versi Java[tm] runtime ini cukup:
    $ java -version
    java version "1.5.0_04"
    Java(TM) 2 Runtime Environment, Standard Edition 
    (build 1.5.0_04-b05)
    Java HotSpot(TM) Client VM 
    (build 1.5.0_04-b05, mixed mode, sharing)
  2. Download xxe-std-3_1_0.zip file ke dalam folder dipilihan anda, dan mulai proses ekstrak file:
    $ cd 
    $ unzip xxe-std-3_1_0.zip
    $ ls xxe-std-3_1_0
    addon/
    bin/
    demo/
  3. XXE software akan terinstall di dalam folder xxe-std-3_1_0/ dan anda bisa menjalankan XXE program terus dari folder itu.
    $ xxe-std-3_1_0/bin/xxe &
    Setelah proses itu, anda boleh menambahkan xxe-std-3_1_0/bin/ folder ke dalam $PATH anda.

Gelang pemerian

Di sini diberitahu bagaimana memerikan gelang dengan XML format.
  • Gelang termasuk dalam XML tag
  • Dimasukkan gelang ini berada sebaris rajutan yang pertama sebagai XML tag , dan berikut satu atau beberapa baris rajutan lain sebagai XML tag .
  • Baris rajutan yang pertama mendefinisikan berapa tali diperlukan untuk buat gelang, dan warna setiap tali itu. Setiap tali diperikan dengan XML tag , atributnya colour untuk warnanya. Daftar warna yang anda boleh menggunakan adadi sini .
  • Baris rajutan yang ikut mendefinisikan simpul-simpul gelang. Simpul yang anda boleh adalah: simpul kanan , simpul kiri , simpul kiri-kanan , simpul kanan-kiri , atau tali yang cuma meneruskan ke bawah . Ingatlah bahwa simpul selalu selebar dua , dan bahwa akhirnya semua harus selebarnya.
  • Karena keharusan teknis, XML tag harus membatasi semua di dalam . Secara sama, XML tag harus membatasi semua di dalam .

Kreasi gelang yang baru

  1. Menjalankan XXE (lihat di atas)
  2. Di daftar utama, pilih File --> New
  3. Klik dua kali atas kata "Bracelet". Gelang digambar dengan 10 tali hijau untuk baris yang pertama, dan 10 lain untuk yang kedua.
  4. Terus menyelamatkan gelang ke file. Di daftar utama pilih File --> Save As...
  5. Klik atas sebuah tali antara yang dari baris pertama untuk menyeleksikannya. Batas yang merah melihatkan tag yang diseleksikan.
  6. Mulai kasih warna untuk setiap tali gelang. Kapan sebuah tag diseleksikan, di atribut tabs yang berada di pojok kanan atas jendela, pasti ada sebuah atribut nama "color". Dengan klik kanan muncul daftar untuk pilihan warna tali. Terus tali digambarkan lagi dengan warna yang dipilih.
  7. Sekarang mendefinisikanlah berapa tali diperlukan untuk bikin gelang anda. Untuk menghilangkan satu tali, cuma seleksikannya dan mengetikkan Ctrl-K. Untuk menambahkan satu tali, anda bisa misalnya menyeleksikan sebuah tali yang lain, yang warnanya sama dan copynia dengan Ctrl-C. Nanti anda bisa pastenya di posisi yang anda suka: Menyeleksikan tali yang lain, dan Ctrl-V untuk mengganti tali yang diseleksikan dengan tali yang sebelumnya dicopy, atau Ctrl-U untuk menambahkannya sebelum tali yang diseleksikan, atau Ctrl-W untuk menambahkannya setelah tali yang diseleksikan.
  8. Nanti anda bisa bikin baris simpul yang pertama. Klik atas satu tali untuk menyeleksikannya. Sambil tak lapas menekan Ctrl-Shift keys, klik atas tali yang ikut. Sekarang dua-duanya tali diseleksikan. Untuk biking simpul-kanan, klik atas ikon Replace, di pojok kanan atas jendela, nanti klik atas nama RightNode, yang ada di bawah ikon. Terus dua-duanya tali diseleksikan digantikan oleh simpul yang anda pilih. Warna simpul diperhitungkan oleh software dari baris sebelum.
  9. Untuk menambahkan baris yang lain, klik atas sebuah tali atau simpul dari sebuah baris. Dia sekarang diseleksikan dan anda boleh lihat di pojok kiri di atas jendela, di bawah baris ikon, daftar XML tag yang dimasukkannya.Bracelet - Row - Cell - Thread. Jika anda klik atas kata Row, anda akan diseleksikan seluruh baris. Nanti untuk menambahkan baris yang lain di bawah yang ini, harus klik atas ikon Insert After dan pilih Row, atau cuma mengetikkan Ctrl-Ins (yang biasanya artinya: menambahkan sebuah XML tag sama tipe dengan tag yang diseleksikan).
  10. Sekarang anda siap untuk buat seluruh gelang, pakai fungsi Replace, Insert Before, Insert, Insert After yang saya sudah menerangkan sebelumnya. Meraka tersedia di daftar Edit, atau di baris ikon, atau sebagai keping penekan Ctrl.
  11. Akhirnya jangan lupa bahwa di semua gelang-gelang biasanya ada motif sama, dan oleh karena itu dengan copi/paste beberapa baris (pakai Ctrl-Shift lagi), anda bisa menyelesaikan secepat mungkin.
  12. Secara pribadi, saya selalu menyelesaikan gelang dengan sebuah baris tali sederhana.
Note
Penting sekali mendefinisikan atribut "color" cuma di baris yang pertama. Karena mendefinisakannya di baris yang lain bukan dilarang oleh software tapi kapan menggambar gelang di SVG format pasti ada masalah.Awas dengan copi/paste fungsi.
Note
Cuma simpul yang akhirnya ditambahkan akan digambar. Biasanya itu cukup, kalau kreasi gelang dari atas ke bawah. Tapi kalau ada masalah di baris yang sebelumnya dan anda mau menggantikan sebuah simpul, harus menggambar seluruh gelang lagi. Bisa menyelamatkan file, dan buka lagi.
Note
Tidak begitu wajar kerjanya baris dari atas ke bawah. Biasanya orang kerja baris menyerong. Tapi ingat anda boleh mulai sebuah baris tampa menghabiskan yang sebelumnya, kalau ada tali atau simpul di baris yang sebelumnya sampai posisi simpul yang anda mau menambahkan. Kalau bukan, masih bisa menambahkan simpul, tapi warnanya pasti akan salah. Nanti harus menggambar seluruh gelang lagi.

menggambar gelang

  1. Anda boleh menggambar gelang di SVG format, untuk gambar yang lebih baik daripada yang diperlihatkan oleh editor. Di daftar utama, pilih Bracelet --> dessin (SVG)... Nanti pilih nama file *.svg. Anda juga bisa dapat ukuran gelang dan ukuran semua tali yang diperlukan.
Note
Untuk mempertunjukkan gambar on your browser, biasanya harus instalasi plugin. ADOBE plugin misalnya untuk Internet Explorer. Untuk Firefox, plugin sudah dimasukkan.

Contoh gelang-gelang

Di dalam folder addon/bracelet/samples ada beberapa contoh gelang. Bagus sekali untuk mengerti bagaimana desain gelang-gelang pakai alat itu.
Buka contoh itu dengan XXE, dan melatih diri. Misalnya anda boleh mengganti warna gelang yang sedang ada.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...